Ulangan Usap Antigen Santri Tiba Digelar di Pamekasan Menghadap Belajar


tes-usap-antigen-santri-mulai-digelar-di-pamekasan-jelang-belajar-1
0
Categories : Berita

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

JawaPos. com –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, mulai menggelar ulangan usap antigen gratis pada para santri pada Sabtu (22/5) sebagai bentuk deteksi dini kemungkinan ada santri terpapar Covid-19. Para santri itu hendak kembali ke sejumlah pondok pesantren.

Rapid test antigen bagi santri ini percuma, tidak dipungut biasa sepeserpun, ” kata Kepala Bagian (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan tubuh (Dinkes) Pamekasan Nanang Suyanto  seperti dilansir dari Antara di Pamekasan, Sabtu (22/5).

Tes usap antigen kepada para santri yang hendak kembali ke pesantren itu akan berlaku hingga Selasa (25/5) dalam berbagai puskesmas di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan. ”Jadi, kalau ada santri yang mau kembali ke pesantren, segera menghubungi puskesmas untuk dilakukan rapid antigen , ” ujar Nanang Suyanto.

Santri tinggal menunjukkan kartu santri, kartu kode penduduk (KTP) atau surat keterangan domisili dari aparat desa/kelurahan setempat, serta petunjuk hendak melaksanakan perjalanan ke pondok pesantren.

Nanang Suyanto  menjelaskan, pelaksanaan rapid test juga tersedia yang tidak digelar dalam puskesmas. Hal itu, arah permintaan forum alumni pondok tersebut sama. Seperti di pelaksanaan rapid yang digelar pada hari pertama, Sabtu (22/5).