Soal Warga Slawi yang Ceroboh Gibran, Ini Kata Petugas


soal-warga-slawi-yang-hina-gibran-ini-kata-polisi-1
0
Categories : Berita

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

JawaPos. com – Seorang pria warga Slawi, Jawa Tengah berinisial AM dikabarkan diamankan setelah terjaring virtual police. Dia diduga telah menyebarkan hoax tentang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di media sosial.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri mengatakan, AM tidak ditangkap. Melainkan hanya dimintai keterangan ihwal konten yang dibuatnya di media sosial.

“Yang bersentuhan diundang tim virtual police Polresta Surakarta ke Polresta untuk mengklarifikasi komennya dalam medsos, ” kata Safri saat dihubungi, Selasa (16/3).

Sebelum dipanggil, AM sudah diberi pringatan melalui direct massage (DM). Polis juga telah menodong pertimbangan ahli untuk memutuskan ada atau tidaknya daya pelanggaran pidana dari konten yang dibuat.

“(Pelaku) telah diingatkan awak virtual police Polresta Surakarta yang sebelumnya telah mengkonfirmasi muatan narasi tersebut secara ahli bahasa, ahli kejahatan dan ahli ITE supaya menghapus postinganya dan dengan bersangkutan minta maaf, ” imbuhnya.

Bertambah lanjut, Safri mmastikan, AM tidak diproses secara pidana. Dia telah dipulangkan setelah menghapus konten hoaxnya. Selain itu pelaku juga sudah meminta maaf secara terkuak di media sosial.

“Tim virtual police hadir untuk memberikan les kepada masyarakat dan kedepankan pendekatan restorative justice melainkan perkara yang berpotensi menceraiberaikan persatuan dan kesatuan warga dalam bingkai NKRI, CERAI BERAI, radikalisme dan separatisme, ” pungkas Safri.

Sebelumnya, AM diduga menyerakkan hoax terhadap Wali Praja Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Dia menyebut jika Gibran menjadi Wali Kota sebab jabatan pemberian. Sebagaimana diketahui, Gibran adalah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan itu dibuat AM melalui akun Instagram pribadinya @arkham_87 , saat mengomentari unggahan akun @garudarevolution . Saat itu Gibran berkomentar di akun itu meminta agar pertandingan semifinal dan final Piala Menpora digelar di Solo, Jawa Tengah. Tulisan Gibran ditanggapi nyinyir oleh AM. “Tau apa dia (Gibran) tentang sepakbola, tanya cuma dikasih jabatan saja, ” tulis AM.