Perlu Diwaspadai, Keluarga Sentral Dalam Penularan Virus Covid-19


Perlu Diwaspadai, Keluarga Sentral Dalam Penularan Virus Covid-19
0
Categories : Berita

JawaPos. com – Penyaluran virus Covid-19 begitu cepat. Apalagi, hanya dengan pergerakan orang sekadar, virus itu dapat menyerang asosiasi yang memiliki imun tubuh dengan lemah.

Jika menyadari daya tahan tubuh lemah, orang tersebut perlu melakukan antisipasi pokok seperti 3M. Yaitu wajib mematuhi masker, wajib mencuci tangan dengan sabun serta wajib menjaga jarak dan hindari keramaian.

Apalagi saat ini aktivitas tiba kembali seperti biasa dengan adaptasi kebiasaan baru. Jadi pergerakan orang pun semakin banyak dan berpotensi membawa virus ke dalam panti.

Mengenai hal itu, Kepala Badan Kependudukan dan Tanggungan Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo pun mengingatkan bahwa keluarga lah yang menjadi sentral dari pencegahan virus ini.

“Kenapa begitu, sebelum keluarga itu menjadi klaster. Nah itu di dewan atau mungkin di faktor-faktor rekan dan lain-lain, tapi hari ini dengan perlu kita sadari bersama bahwa dari ini, klaster satu dengan faktor lain udah ketemu dan ketemunya itu di mana, ketemunya di keluarga, ” ujarnya kaum waktu lalu.

Sebab karena itu, faktor keluarga tersebut tidak bisa dihindari sehingga masa ingin melakukan suatu pendekatan pencegahan di tingkat hulu, maka sebetulnya keluarga lah yang menjadi pusat.

“Inilah pentingnya anak, karena bagaimanapun juga, tempat berkumpulnya mereka yang ada kelompok-kelompok ke mana saja dia beraktivitas adalah keluarga ya, ” tutur dia.

Sebab, jika klaster lain telah dikatakan aman, belum tentu di lingkungan keluarga tenteram karena keluarga terdiri dari bervariasi anggota yang beraktivitas di asing rumah.

“Inilah dengan tidak bisa kita hindari, sedia tidak mau, suka tidak rajin, keluarga memang menjadi karakter final setelah faktor-faktor yang lainnya sudah dilewati, kluster keluarga inilah dengan patut dicoba untuk dilakukan sepadan treatment intervensi di situ, ” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut tersebut: