Mulyadi Ditetapkan Tersangka, SBY: Keadilan Sah Akan Datang


Mulyadi Ditetapkan Tersangka, SBY: Keadilan Sah Akan Datang
0
Categories : Berita

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

JawaPos. com –Calon Gubernur Sumatera Barat Mulyadi ditetapkan tersangka sebab Bareskrim Polri atas dugaan mengabaikan jadwal kampanye.

Kepala Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyemangati Mulyadi. Dia berpesan untuk Mulyadi agar tetap berjuang untuk Sumatera Barat.

”Pak Mulyadi harap Anda tetap tabah. Teruslah berjuang di jalan Allah untuk Sumatera Barat yang kita cintai, ” ujar SBY dalam keterangannya, Sabtu (5/12).

SBY meyakini keadilan akan datang meski terlambat. Sehingga, dia berpesan kepada kader Demokrat tersebut tetap tabah.

”Sering kali ada segalanya yang sulit diterima akal bugar ( common sense ), namun percayalah keadilan hendak datang. Datangnya mungkin lambat, tapi pasti, ” kata SBY.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengutarakan, status tersangka calon Gubernur Sumatera Barat Mulyadi adalah diduga melaksanakan pelanggaran pemilihan umum dalam Pilkada 2020, bukan pidana biasa. ”Pak M atas dugaan tindak kejahatan pemilihan umum bukan tindak kejahatan biasa, ” kata Argo pada keterangannya, Sabtu (5/12).

Mulyadi dilaporkan pada Kamis 12 November karena hadir dalam acara program Coffe Break di salah mulia TV nasional sebagai narasumber. Konten atau isi tayangan tersebut dinilai mengandung muatan kampanye.

Sedangkan berdasar Peraturan Komisi Penetapan Umum (PKPU) 5/2020 junto Kesimpulan KPU Sumbar 31/2020 tentang Tahap, Program, dan Jadwal, Kampanye Media Massa Cetak dan Elektronik mampu mulai dilaksanakan pada 22 November sampai dengan 5 Desember.

Karena itu, Mulyadi ditetapkan tersangka kasus dugaan tindak pidana pemilu karena melakukan kampanye di luar jadwal. Dia dijerat kausa 187 ayat (1) UU No 6/2020 dengan hukuman paling sedikit 15 hari penjara dan penuh 3 bulan serta denda paling banyak Rp 1 juta.

Saksikan video menjadikan dibawah ini:

[embedded content]