Menahan Kuman, Ajarkan Anak Cuci Lengah Mulai dari Keluarga dan Madrasah


Menahan Kuman, Ajarkan Anak Cuci Lengah Mulai dari Keluarga dan Madrasah
0
Categories : Berita

JawaPos. com – Semua kuman mampu bersumber dari tangan. Bayangkan jika anak-anak langsung makan usia berlaku atau berkegiatan tanpa bercuci lengah terlebih dahulu. Sejumlah penyakit kelanjutan virus, kuman, atau bakteri mampu disebabkan karena perilaku tidak terang.

Bertepatan dengan Keadaan Cuci Tangan Sedunia, kampanye serta advokasi cuci tangan pakai bubuk (CTPS)  wajib dilakukan para orang tua dan guru untuk mendidik anak.

Dirjen Kesehatan Umum Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari membaca pandemi Covid-19 menjadi pengingat dengan kuat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan bermacam-macam penyakit menular lainnya yaitu mencuci tangan dengan sabun dan tirta. Kebersihan tangan dapat menyelamatkan menghabisi.

“Karena itu, negeri, sektor swasta dan masyarakat biasa bersama-sama membentuk Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) untuk mempromosikan advokasi dan prakarsa berkelanjutan dalam meningkatkan praktik Basuh Tangan Pakai Sabun di Nusantara untuk mencegah penyakit dari virus dan kuman, ” katanya di webinar Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kamis (15/10).

Lengah satunya bekerja sama dengan Departemen Pendidikan. Misalnya dengan meningkatkan edukasi di tingkat Usaha Kesehatan Madrasah (UKS).

“Maka dengan jalan apa kami ajak para orang primitif melalui PKK agar penting di rumah menanamkan edukasi pada anak. Kemudian di sekolah oleh kiai dan UKS. Jika ini digabungkan, kami yakin anak-anak akan tumbuh nanti jadi pribadi yang suka hidup bersih dan sehat, ” jelasnya.

Kemitraan Swasta-Pemerintah mengeluarkan Seruan Aksi Nasional ‘Tangan Bersih untuk Semua’. Ke pendahuluan Kemitraan yang diinisiasi oleh 19 perusahaan, lembaga dan asosiasi diharapkan dapat memperkuat sinergi yang terus-menerus. Sebab CPTS diyakini efektif menjadi ajakan perilaku hidup bersih untuk melawan Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Saksikan video menarik berikut ini: