Luhut: Andai Ekonomi Kuartal-III Turun Lagi, itu Bukan Akhir Segalanya


Luhut: Andai Ekonomi Kuartal-III Turun Lagi, itu Bukan Akhir Segalanya
0
Categories : Berita

JawaPos.com – Menteri Koodinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar seluruh pihak dapat menjaga rasa optimisme terhadap perekonomian Indonesia. Menurutnya, semua pihak harus saling bekerja sama, berusaha, dan berinovasi dalam mencari peluang di tengah krisis kesehatan yang menggerogoti aktivitas ekonomi.

Luhut meminta agar masyarakat tidak ditakut-takuti dengan cerita bahwa perekonomian Indonesia semakin menurun dan tak bisa bangkit lagi. “Kunci mendorong perekonomian pada kuartal-III adalah kompak. Kompak bekerja sama, semangat inovasi dan jaga optimisme. Jangan sampai ditakut-takuti kalau ada sampai negatif pada kuartal-III ini,” ujarnya dalam diskusi virtual, Minggu (30/8).

Seperti diketahui, perekonomian Indonesia sendiri sedang dibayangi oleh resesi ekonomi seperti negara tetangga Singapura dan Malaysia jika kuartal-III pertumbuhan ekonomi kembali minus. Resesi sendiri terjadi apabila ekonomi sebuah negara minus dua kuartal berturut-turut.

Luhut menekankan, semua pihak harus berjuang semaksimal mungkin untuk mengejar pertumbuhan ekonomi. Setidaknya mendekati angka 0 persen. Namun lanjutnya, kalaupun pertumbuhan ekonomi kembali minus, menurut Luhut itu bukanlah akhir bagi Indonesia.

“Kita harus berjuang sekuatnya, sehinga bisa kuartal-III dekat dengan 0 ataupun minus 0 koma sekian. Kalaupun itu terjadi (negatif lagi), itu bukan akhir dari segalanya,” ucapnya.