Kejar Beasiswa Kementerian Agama, 15. 292 Siswa Ikuti Opsi Masuk MAN


kejar-beasiswa-kementerian-agama-15-292-siswa-ikuti-seleksi-masuk-man-1
0
Categories : Berita

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

JawaPos. com – Sebanyak 15. 292 siswa akan mengikuti dalam Seleksi Nasional Arahan Peserta Didik Baru (SNMPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) bersistem asrama binaan Departemen Agama (Kemenag). Seleksi berlangsung dua hari, yakni 27-28 Februari 2021 dan diadakan secara daring.

Para pendaftar akan memperebutkan 2. 883 kursi yang tersedia di 23 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pribadi Cendekia, 17 MAN Program Keagamaan (MAN-PK)dan 2 Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). Jumlah peserta tes tahun ini sedikit naik lantaran tahun sebelumnya, yaitu 15. 019 peserta. Khusus untuk MAN Program Keagamaan (MAN-PK), Kemenag akan memberikan dana siwa penuh bagi siswa yang berhasil masuk dalam rencana tersebut.

“Dari tahun ke tahun penggemar Madrasah Aliyah berasrama terus naik. Ini pertanda madrasah semakin favorit dan dipercaya orangtua siswa, ” nyata Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Muhammad Ali Ramdhani dalam keterangannya, Jumat (26/2).

Naiknya kepercayaan publik ini, kata dia merupakan buah dari upaya peningkatan mutu madrasah dengan terus dilakukan. Ramdhani memasukkan, seleksi peserta didik segar ini merupakan salah utama instrumen untuk menjaring peserta didik yang potensial.

“Untuk menghasilkan buatan terbaik, salah satu perangkat yang dibutuhkan adalah input yang potensial, ” tambahnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar menjelaskan, sebelumnya telah terjaring 17. 422 pendaftar, secara porsi terbanyak untuk MAN Insan Cendekia, yaitu 14. 076 pendaftar. Sebanyak lebih dari 2 ribu perekam gugur di tingkat administratif.

Serangkaian tes akan menguji potensi skolastik peserta didik berupa kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, daya logika/penalaran, dan kepribadian. Selain itu ada tes potensi akademik yang meliputi bidang studi Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Sebagai informasi, MAN Pribadi Cendekia merupakan madrasah sains yang menfokuskan diri di dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu, MAN Program Keyakinan adalah madrasah berciri istimewa keagamaan Islam yang menonjolkan pada disiplin ilmu petunjuk dan bahasa Arab. Sedangkan MAKN berfokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Ketiga macam madrasah ini memiliki kekhasan dalam muatan pendidikan agama yang lebih tinggi daripada sekolah umum.

Saksikan video mengakui berikut ini:

[embedded content]