Januari – September Rata-rata Kia Hanya Bisa Jualan 44 Unit Sebulan


Januari – September Rata-rata Kia Hanya Bisa Jualan 44 Unit Sebulan
0
Categories : Berita

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

JawaPos. com –  Situasi pandemi sedang menjadi alasan sebagai penyebab penurunan penjualan mobil khususnya di Indonesia. Namun berbagai strategi dilakukan buat mendongkrak target menjelang akhir tarikh. Setiap merek mempunyai catatan angka yang dibukukan salah satunya ialah merek asal Korea Selatan yakni Kia.

Sebagai bahan penjualan mobil Kia di Tanah Air selama Januari hingga September 2020 masih terseok-seok. Dalam daftar data yang dihimpun Gabungan Pabrik Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kia hanya mampu memberikan kontribusi pangsa pasar sebesar 0, 1% buat penjualan mobil ke konsumen (ritel) di periode itu.

Dalam catatan Gaikindo menunjukkan, selama tiga kuartal tersebut total penjualan ritel mobil merek Kia melalui distributor reminya PT Kreta Turunan Artha (Indomobil Group) hanya 402 unit. Artinya bila dihitung papar rata penjualan per bulan selama sembilan bulan pertama hanya 44, 6 unit atau kurang lantaran 50 unit setiap bulannya.

Bila dirinci penjualan ritel sepanjang Januari hingga September angkanya sangat minimalis. Penjualan selama Januari yang sebanyak 5 unit, Februari 76 unit, Maret 62 bagian, April 61 unit, dan daripada bulan Mei yang sebanyak 40 unit.

Lalu untuk penjualan selama Juni sebanyak 27 unit, Juli 44 unit, Agustus 60 unit, serta dari penjualan sepanjang September hanya sebanyak 45 unit. Melihat angka ini, kemampuan penjualan ini masih kalah jauh dari merek asal Cina, Wuling yang diageni PT SGMW Nusantara atau Wuling Motors Indonesia.

Faktanya dalam kurun periode yang sama Wuling Motors Indonesia berhasil melego 6. 442 mobilnya ke konsumen dan berhasil mencomot pangsa pasar 1, 6% bertambah.

Pada sisi lain, jumlah penjualan ritel Kia Indonesia ini juga lebih sedikit ketimbang angka penjualan ritel yang dibukukan Hyundai Indonesia di kurun masa yang sama. Melihat data semasa sembilan bulan pertama itu pemasaran Hyundai Indonesia hanya 503 unit dengan pangsa pasar agak 0, 1% juga.

Sebaga informasi, sepanjang Januari hingga September tahun ini, total penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air sebesar 407. 396 unit. Jumlah itu turun 46% lebih dibanding penjualan ritel yang dibukukan sepanjang periode sama tahun lalu, yaitu sebesar 758. 413 unit. Semoga tarikh depan yang tinggal beberapa hari ini bisa merubah pasar otomotif di Indonesia.