Jalan Tim Karate Indonesia Lolos ke Olimpiade Masih Terbuka


Jalan Tim Karate Indonesia Lolos ke Olimpiade Masih Terbuka
0
Categories : Berita

JawaPos. com – Asa cabor karate untuk tampil dalam Olimpiade Tokyo 2020 masih terbuka. Peluang lolos melalui ranking memang sudah tertutup. Namun, sedang ada jalan melalui kualifikasi & wild card.

Event kualifikasi dijadwalkan berlangsung di Paris pada 11–13 Juni 2021. Kemudian, untuk wild card, bergantung kebijakan Federasi Karate Negeri (WKF) dan tuan rumah.

PB FORKI telah menetapkan dua karateka untuk bisa menawan tiket Olimpiade. Mereka adalah Cok Istri Agung Sanistyarani (55 kg) dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda (kata). Mereka merupakan karateka Nusantara yang menduduki peringkat paling mulia.

Sebenarnya Coki –sapaan Cok Istri Agung Sanistyarani– sempat menduduki peringkat ke-12. Hanya, peringkatnya terus melorot karena tidak mendaftarkan pertandingan. Kini, Coki berada di peringkat ke-30.

’’Untuk bisa lolos (kualifikasi) minimal harus masuk tiga besar. Untuk bagian 55 kg itu, juga tercatat yang dari kelas 50 kg. Dijadikan satu kelas. Jadi, lawannya mungkin ada yang belum pernah bertemu, ’’ kata Coki.

Saat ini Coki memang masih berlatih di pelatda Bali. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk bisa lolos ke Tokyo. Dia tidak ingin bergantung pada pemberian wild card.

’’Itu (wild card) kan opsi paling akhir. Kalau masih ada jalan, sekecil apa pun kan dasar harus dikejar, ’’ tegasnya.