Jadi Juara Dunia, Si Kutu Sah Jadi Petarung Top Dunia Posisi Terbang


Jadi Juara Dunia, Si Kutu Sah Jadi Petarung Top Dunia Posisi Terbang
0
Categories : Berita

JawaPos. com- Juara dunia kelas amblas junior WBO asal Meksiko Elwin Soto sukses besar mempertahankan gelarnya.

Dalam pertarungan dalam Fantasy Springs Resort Casino, Indiho, California (31/10) WIB, Soto menundukkan penantangnya Carlos Buitrago.

Soto menang lewat keputusan otoriter juri dalam 12 ronde. Kegiatan keras yang diperlihatkan Soto membuat tiga juri memberikan angka telak dengan skor 119-109, 117-111, & 115-113.

Buitrago tunggal sudah enam kali berusaha menawan gelar juara dunia. Namun, jalan petinju asal Nikaragua itu masih saja belum berhasil.

“Saya sangat bahagia bisa memenangkan laga, ” ucap Soto seperti dilansir Fight News. “Saya berusaha untuk tetap menekan untuk menghasilkan angka. Ini adalah pertarungan yang keras di dalam usaha saya mempertahankan gelar, ” imbuh petarung berjuluk La Pulga alias Si Kutu tersebut.

“Gaya bertarungnya menyulitkan saya. Tetapi saya merasa saya sudah melakukan yang terbaik untuk menang. Sekarang ini waktunya bagi beta untuk beristirahat dan melihat apa yang akan direncanakan tim untuk saya, ” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Compubox, Soto memang tampil lebih efektif. Tempat mencatat 170 pukulan masuk. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Buitrago yang hanya menghasilkan 147 ketupat masuk.

Secara bagian, Soto mencetak 31 persen tangan masuk. Jauh lebih efektif ketimbang Buitrago yang cuma memproduksi 18 persen.

Total, Buitrago mencatat 789 pukulan. Jumlah itu lebih banyak ketimbang milik Soto (550). Namun, Soto dinyatakan menang karena dia bertarung jauh bertambah efektif, efisien, dan jelas bertambah baik.

Soto sejauh ini mencatat rekor 18 kala menang dan sekali kalah di dalam 19 pertarungan. Soto sukses menang KO dalam 12 pertarungan. Secara rekornya yang solid, Soto merupakan salah seorang petarung terbaik pada divisi kelas terbang bersama petarung top macam Ken Shiro & Hiroto Kyoguchi.