Cegah Penularan Covid-19, Rendam Masker dengan Sabun sebelum Dibuang


Cegah Penularan Covid-19, Rendam Masker dengan Sabun sebelum Dibuang
0
Categories : Berita

JawaPos. com – Penggunaan masker bedah pada masa pandemi Covid-19 makin meningkat. Itulah bagian dari protokol kesehatan. Namun, masih sedikit yang bisa mengelola limbah masker sekali pakai dengan baik. Padahal, membuang masker secara sembarangan dapat memperluas persebaran trojan.

Pakar lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) We Gusti Dewa Ayu Agung Warmadewanthi St MT PhD menyatakan, ada cara sendiri dalam pengelolaan limbah masker. Salah satunya adalah proses disinfeksi atau pembersihan mikroorganisme sebelum masker dibuang. ”Harus diolah karena membahayakan kesehatan manusia dan bersifat infeksius, ” katanya.

Wawa –sapaan I Gusti Dewa Ayu Agung Warmadewanthi– menjelaskan, masker sekali pakai yang dibuang ke tempat sampah adalah limbah infeksius. Yaitu, kotoran yang terkontaminasi organisme patogen dalam jumlah dan virulensi (kemampuan) yang cukup untuk menularkan penyakit kepada manusia. ”Hal tersebut juga telah dijelaskan dalam UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Spesifik, ” jelasnya.

Wawa mengungkapkan, Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut jumlah limbah masker sekali pakai meningkat signifikan di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut berpotensi menjadi penyakit baru. Sebab, pelindung mulut lalu hidung itu tidak hanya dipakai para petugas medis, tetapi juga menjadi limbah rumah tangga.

Pada masa pandemi, lanjut dia, ITS telah bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup (DLH) dan kecamatan-kecamatan di Surabaya. Mereka memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah masker. Sebab, Covid-19 bisa menular dari benda terjangkit. Salah satunya adalah masker yang dibuang. ”Jadi, dengan kita melakukan disinfeksi, risiko persebaran Covid-19 bisa lebih ingusan, ” ujarnya.

Caranya, merendam masker dengan cairan disinfektan atau sabun sebelum dibuang. Perendaman limbah masker sekali pakai dengan larutan sabun dapat mematikan virusnya. ”Jika benar-benar berpartisipasi, masyarakat meraih mencegah potensi bahaya yang mengancam. Khususnya bagi pengepul sampah, ” tutur alumnus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini: