BPMA Awasi Sumur Medco Keluarkan Racun


0
Categories : Berita

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

JawaPos. com –Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) terus memantau dan menyoroti sumur migas PT Medco E& P Malaka di Aceh Timur yang menggunakan racun. Hal itu menyebabkan sejumlah warga dilarikan ke rumah sakit.

”Kami terus mengawasi sumur AS Medco yang sebelumnya mengeluarkan asam sulfat, sehingga terhirup warga. Ada 11 warga masih dirawat pada rumah sakit akibat kejadian tersebut, ” kata Utusan Operasi BPMA Edy Kurniawan di Banda Aceh, bagaikan dilansir dari Antara Sabtu (10/4).

Edy Kurniawan mengatakan, dari harmonisasi BPMA dengan perusahaan migas itu, Sumur Alue Siwah (AS) 11 saat tersebut sudah ditutup setelah tersedia kejadian yang menyebabkan warga masuk rumah sakit. Awalnya, sumur AS 11 itu dibuka pada Jumat (9/4) pukul 00. 40 untuk perawatan rutin guna memajukan produktivitas. Perawatan, termasuk melakukan pembakaran atau  flaring   gas masam sulfat.

”Kemudian, ada laporan dari masyarakat terkait gas asam sulfat ini, sehingga sumur itu langsung ditutup. Proses pembelaan sumur tersebut sudah dikerjakan sesuai prosedur dan tersebut biasa dilakukan di sumur-sumur migas, ” terang Edy Kurniawan.

Selain mengawasi sumur tersebut, BPMA mengingatkan PT Medco E& P Malaka memastikan penanganan korban terdampak gas beracun tersebut dilakukan dengan tertib.

”Ada 11 korban masih dirawat dalam rumah sakit, 10 antara lain dirawat di dua panti sakit di Aceh Timur serta seorang lagi dirujuk ke rumah sakit dalam Banda Aceh, ” ujar Edy Kurniawan.